Ketua TP PKK Meninjau Penjurian Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP)


 2020-08-25 |  Root

Ketua TP PKK Meninjau Penjurian Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) di Desa Sumberwindu dan Bajulan//

Setelah 10 bulan lamanya, Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) Kabupaten Nganjuk memasuki babak enam besar. Selasa, 25 Agustus 2020, Ketua Tim Penggerak PKK Mbak Yuni Sophia meninjau penjurian di dua desa yang lolos ke babak enam besar, yakni Desa Sumberwindu, Kecamatan Berbek, dan Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Mbak Yuni Marhaen, Mbak Yuni Sophia berkeliling rumah-rumah warga untuk melihat langsung apa saja yang ada di tanah pekarangan warga.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Desa Sumberwindu, Kecamatan Berbek, tepatnya di RT 16 RW 08. Disini Mbak Yuni Sophia melihat pekarangan rumah warga yang digunakan untuk menanam berbagai macam tanaman, juga ada kolam kecil untuk memelihara lele. Mbak Yuni juga mengunjungi Posyandu di Desa Sumberwindu. Pada saat evaluasi, Mbak Yuni Sophia mengatakan Desa Sumberwindu sudah bagus, namun ada yang kurang yakni tanaman toga (Tanaman Obat Keluarga) seperti daun sirih. “Dari tadi muter-muter saya cari kok ngga nemu tanaman daun sirih ya, padahal itu sangat bermanfaat lho untuk antiseptic, saya anjurkan ibu-ibu semua menanam tanaman toga dan mengurangi penggunaan obat kimia ya,” terang Mbak Yuni Sophia.

Setelah dari Desa Sumberwindu Mbak Yuni Sophia melanjutkan perjalanannya ke Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Disini beliau langsung melihat-lihat halaman rumah warga. Banyak sekali sayuran yang ditanam, seperti terong, kacang panjang, tomat, hingga labu siam. Tak hanya melihat, namun Mbak Yuni Sophia dan Yuni Marhaen juga memanen langsung atau memetik sendiri hasil pemanfaatan tanah pekarangan seperti tomat, cabe, kacang panjang, hingga labu siam.

Dalam kesempatan tersebut, banyak anak-anak kecil juga ibu-ibu yang tidak menggunakan masker. Mbak Yuni Sophia dan Yuni Marhaen pun membagikan masker kepada mereka. Ketika membagikan masker, Mbak Yuni Sophia sekaligus mengajak semua untuk selalu memakai masker kemanapun pergi. “Karena ini bisa menjaga kita semua agar tidak tertular COVID-19,” ujarnya.

 

Sumber : Humas Kabupaten Nganjuk